TINGKATKAN ATMOSFIR FORUM ILMIAH, UNIMUDA SORONG GELAR SEMINAR NASIONAL 👁️️ 106

By Operator Website Senin, 23 Desember 2019 | 16:39 pm Kegiatan

TINGKATKAN ATMOSFIR FORUM ILMIAH, UNIMUDA SORONG GELAR SEMINAR NASIONAL

LP3M.UNIMUDASORONG.AC.ID. SORONG. Dalam rangka meningkatkan atmosfir forum ilmiah serta akselerasi publikasi ilmiah baik penelitian maupun pengabdian pada masyarakat Dosen di lingkungan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong, LP3M UNIMUDA Sorong menginisiasi pelaksanaan Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat pada Senin (23/12/2019) di Meeting Room UNIMUDA Sorong, demikian penyampaian Anang Triyoso selaku kepala LP3M UNIMUDA Sorong selepas kegiatan pembukaan Seminar Nasional berlangsung.

Menurut Anang Triyoso, pelaksanaan Seminar Nasional mempunyai tujuan agar para Dosen di lingkungan UNIMUDA Sorong memiliki wadah untuk mempresentasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat.  Kegiatan seminar hasil tersebut sangat berguna dalam rangka memperoleh feedback dari peserta seminar sebelum Dosen mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdiannya pada jurnal nasional maupun internasional. Pada kesempatan yang sama juga, Anang Triyoso menyampaikan bahwa road map penelitian Dosen UNIMUDA kedepan harus bisa memunculkan ciri khas UNIMUDA Sorong. Kolaborasi antara Dosen dan mahasiswa juga perlu ditingkatkan dalam rangka peningkatan kapasitas luaran Dosen dan Mahasiswa sebagaimana tuntutan standar mutu pendidikan tinggi.   

Pelaksanaan seminar nasional sangat diapresiasi oleh Wakil Rektor UNIMUDA Sorong. Menurutnya eksistensi UNIMUDA Sorong yang selama ini dibangun harus didukung juga dengan peningkatan luaran penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh Dosen dan mahasiswa. Wakil Rektor juga menyampaikan bahwa semua lini di UNIMUDA Sorong sudah memberikan kontribusi nyata, salah satunya LP3M yang selama ini telah memberikan terobosan-terobosannya dan terbukti memberikan prestasi yang membanggakan bagi UNIMUDA Sorong di bidang Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat. “Dengan diadakannya seminar-seminar nasional yang direncanakan rutin selama dua kali dalam setahun, diharapkan akan tercipta atmosfir penelitian yang baik” lanjut Wakil Rektor UNIMUDA Sorong.

Pada kesempatan ini juga, hadir Dr. Herningsih sebagai keynote speakers dan sekaligus reviewer penelitian tingkat Nasional. Dalam paparannya, Dr. Herningsih menyampaikan kiat-kiat dalam menyusun proposal penelitian yang mana salah satunya mengarahkan kepada Dosen di lingkungan UNIMUDA Sorong untuk lebih mengangkat lagi potensi yang ada di tanah Papua. Dr. Herningsih juga mengingatkan kepada seluruh Dosen penerima hibah baik penelitian maupun pengabdian masyarakat untuk memenuhi luaran wajib sebagaimana aturan yang telah ditetapkan.     

Secara umum dengan diadakannya seminar nasional di lingkungan Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong diharapkan mampu meningkatkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat oleh Dosen yang berujung pada meningkatnya luaran berupa publikasi ilmiah. 

By Operator Website Senin, 23 Desember 2019 | 16:39 pm