Silatnas Konsorsium LPPM PTMA Se-Indonesia, LP3M UNIMUDA Sorong Hadir Konkretkan Program Kerja Bersama 👁️️ 67

By Operator Website Rabu, 08 Januari 2020 | 20:17 pm Berita

Silatnas Konsorsium LPPM PTMA Se-Indonesia, LP3M UNIMUDA Sorong Hadir Konkretkan Program Kerja Bersama

LP3M.UNIMUDASORONG.AC.ID. SORONG. Berangkat dari kesadaran bersama, terhadap sejumlah persoalan yang memerlukan riset dan penerapannya pada masyarakat melalui program pengabdian yang belum optimal dilakukan, tentu membutuhkan pola komunikasi dan kerjasama yang sinergis.  Menyikapi hal ini, sebanyak 90 perwakilan LPPM PTMA se-Indonesia termasuk LP3M UNIMUDA Sorong mengikuti Silaturahim Nasional (Silatnas) Konsorsium LPPM PTMA yang merupakan forum silaturahim untuk membahas rencana kegiatan baik di tingkat nasional maupun wilayah dalam kegiatan riset, publikasi, dan pengabdian masyarakat pada tanggal 7-8 Januari 2020 di Hotel Harper Mangkubumi, Yogyakarta.

Silatnas yang mengunggah tema ‘Membangun Peradaban Berkemajuan Melalui Ukhuwah Riset Pengabdian dan Publikasi’ , memiliki tujuan yakni membangun kesepahaman dan kesadaran urgensi kolaborasi antar LPPM-PTMA, merumuskan program kegiatan, dan merumuskan pola kerjasama optimal dibidang riset, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat.

Silatnas juga turut dihadiri dan selaku keynote speaker Menristek yang juga Kepala Badan Riset Nasional Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D. Pada kesempatan ini Menristek menyampaikan paparan tentang arah dan kebijakan riset nasional. Dengan adanya wadah konsorsium ini, mudah-mudahan menstimulus para akademisi menjadi peneliti yang mampu menciptakan sebuah produk kompetitif. Berkaitan dengan itu, lanjut Menristek, sudah saatnya penelitian atau riset di kalangan universitas tidak lagi untuk kepentingan pribadi atau peneliti. Tapi harus berujung pada inovasi. Sehingga hasilnya bisa mendunia. Untuk itu, perguruan tinggi harus aktif dan fokus pada Research and Development (R&D) yang akan menjadi kebutuhan untuk bersaing dalam memunculkan sebuah inovasi.

Sebagai penutup paparan kebijakan riset nasional, Menristek merangkum 4 hal yang dapat menjadi acuan penyelasaran kegiatan terkait yaitu perlunya kolaborasi antar PT, kolaborasi antar bidang/disiplin ilmu, riset langsung menjawab kebutuhan masyarakat, dan hasil riset harus berujung inovasi.

 

By Operator Website Rabu, 08 Januari 2020 | 20:17 pm