Selaku Tuan Rumah, UNIMUDA Sorong Fasilitasi Pelaksanaan KKN 3T UM Purwokerto dan UM Sorong 👁️️ 294

By Operator Website Kamis, 16 Januari 2020 | 14:40 pm Berita

Selaku Tuan Rumah, UNIMUDA Sorong Fasilitasi Pelaksanaan KKN 3T UM Purwokerto dan UM Sorong

LP3M.UNIMUDASORONG.AC.ID. SORONG. UNIMUDA Sorong berkomitmen bersama Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia bahu-membahu dalam membangun masyarakat Indonesia yang berkemajuan khususnya di daerah-daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) telah menjadi target utama yang satu dekade belakangan terus ditingkatkan derajat kehidupannya. Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto sebagai salah satu PTM, melalui surat Ketua KKN UM Purwokerto nomor A9.III/082-S.Ph/KKN-LPPM/I/2020 tanggal 11 Januari 2020 perihal pemberitahuan peserta KKN 3T UM Purwokerto tujuan ke Sorong untuk dapat difasilitasi oleh UNIMUDA Sorong, demikian disampaikan Anang Triyoso, selaku Kepala LP3M UNIMUDA Sorong.

Mewakili Rektor UNIMUDA Sorong, Anang Triyoso secara resmi telah menerima kehadiran 19 mahasiswa UM Purwokerto dan 7 mahasiswa UM Sorong untuk ditempatkan di Kampung Mitra UNIMUDA Sorong yaitu Kampung Warmon Kokoda dan Kampung Arar, Distrik Mayamuk Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, hari ini Kamis tanggal 16 Januari 2020 bertempat di Foodcourt UNIMUDA Sorong. Prosesi penyerahan mahasiswa langsung dihadiri dan diserahkan oleh Dr. Anjar Nugroho, M.Si., M.H.I., sebagai Rektor UM Purwokerto.

Dr. Anjar Nugroho dalam sambutannya menyampaikan bahwa perjalanan peserta KKN 3T menempuh waktu yang panjang selama sepekan melalui jalur darat dari Purwokerto ke Surabaya dan dilanjutkan via kapal KM Dobonsolo sejak tanggal 11 Januari 2020 dan tiba di Sorong tadi pagi tanggal 16 Januari 2020. Tentunya merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi mahasiswa KKN 3T. Pada kesempatan tersebut, berpesan agar mahasiswa menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat masyarakat setempat dengan ungkapan “dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung”.

Bertindak sebagai tuan rumah, UNIMUDA Sorong telah bersama masyarakat di kedua Kampung tesebut lebih dari satu dekade ini, telah menebar jala manfaat dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat di lokasi sasaran KKN 3T. Kehadiran UNIMUDA Sorong tentunya tidak bisa sendiri, dibutuhkan kolaborasi multipihak, maka perluasan jala manfaat dari berbagai elemen sangat dibutuhkan. Oleh nya itu, kehadiran mahasiswa KKN 3T di kedua kampung mitra disambut dengan hangat dan gembira.

Pesan Rektor UNIMUDA Sorong yang dikutip Kepala LP3M pada acara penyambutan dan serah terima mahasiswa KKN 3T tersebut, memotivasi kepada mahasiswa KKN 3T agar memiliki tujuan datang di daerah 3T untuk “bersenang-senang”, bahwa jika sebuah karya atau tindakan dilandasi dengan rasa senang maka hasilnya pun tentunya akan jauh lebih bermakna. Mahasiswa KKN 3T bisa maju jika di tubuh mahasiswa itu ada kegembiraan dan semangat untuk maju, sebagaimana ungkapan “jadi saudara-saudara selama di Sorong nanti semua harus dianggap suka dan senang, karena jika mindset kita sudah didasari dengan rasa senang,  maka karya yang kita hasilkanpun akan lebih besar”. Disamping itu mahasiswa KKN 3T juga harus menghilangkan dibenaknya kata “mengeluh”, dalam kondisi apapun, karena itulah kondisi terbaik yang diberikan Allah SWT.

Terakhir Kepala LP3M UNIMUDA Sorong berpesan kepada seluruh mahasiswa KKN 3T untuk mengedepankan kearifan lokal dan harmonisasi di kampung sasaran. Caranya dengan mahasiswa harus mampu merasakan apa yang dirasakan oleh masyarakat di kedua kampung tersebut. Dengan ikut merasakan, maka mahasiswa dapat menyelami denyut nadi kehidupan masyarakat dan tentunya akan menjadi kunci kesuksesan KKN 3T.

By Operator Website Kamis, 16 Januari 2020 | 14:40 pm