Refleksi Akhir Tahun 2019, LP3M UNIMUDA Sorong Tinjau RIP dan RENSTRA PPM 👁️️ 112

By Operator Website Sabtu, 21 Desember 2019 | 22:07 pm Berita

Refleksi Akhir Tahun 2019, LP3M UNIMUDA Sorong Tinjau RIP dan RENSTRA PPM

LP3M.UNIMUDASORONG.AC.ID. SORONG. Realitas tantangan yang selalu dinamis dan semakin komplek saat ini, perlu diantisipasi khususnya terkait kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memerlukan suatu perencanaan yang terpadu, untuk mensinergikan segenap potensi sumberdaya yang ada.  Menyikapi hal ini, sebagai bentuk refleksi akhir tahun 2019, LP3M UNIMUDA Sorong mengadakan Workshop Peninjauan Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat (RENSTRA PPM) pada tanggal 21-23 Desember 2019 bertempat di Ruang LP3M Lt. 2 Gedung Mas Mansyur UNIMUDA Sorong, demikian diutarakan oleh Fathurrahman selaku Ketua Panitia Workshop saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurut Fathurrahman yang juga sebagai Sekretaris LP3M UNIMUDA Sorong, kegiatan workshop peninjauan ini untuk memberikan arah terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan civitas akademika UNIMUDA Sorong dalam rentang waktu 5 tahun, sehingga RIP dan RENSTRA PPM perlu ditinjau untuk mengantisipasi perubahan ke depan.

Workshop Peninjauan RIP dan RENSTRA PPM dilaksanakan dengan melibatkan 2 kelompok tim pakar yang berasal dari lintas fakultas, prodi, UPT, dan stakeholder terkait yang diharapkan dapat memberikan kontribusi keilmuan dan pengalaman dalam dokumen peninjauan tersebut, yang hasilnya dapat bernilai substansial, bermanfaat, dan riil bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, maupun produk nyata lain yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dr. Herningsih, salah satu anggota tim pakar dan juga selaku Reviewer penelitian bersertifikat internasional, mengemukakan bahwa RIP merupakan peta jalan riset yang harus dilakukan dimulai dari permasalahan yang menyangkut pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, yang hasilnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, tidak hanya bagi lembaga tetapi juga bagi perkembangan dan kemajuan bangsa dan tanah air, menurutnya pemanfaatan hasil-hasil riset ini harus dapat ditindak lanjuti berikutnya, sebagai misalnya di bidang pendidikan menghasilkan metoda pembelajaran yang lebih baik untuk proses belajar mengajar dan di bidang teknologi menghasilkan produk untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Sedangkan RENSTRA PPM di dalamnya merupakan rencana pengabdian yang harus dilakukan oleh para sivitas akademika UNIMUDA Sorong dengan berbagai tema pengabdian sehingga hasilnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas.

RIP dan RENSTRA PPM dimaksudkan memberi panduan kepada sivitas akademika UNIMUDA Sorong dalam melaksanakan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Dengan demikian diharapkan ada kejelasan prosedur serta mekanisme dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut yang pada gilirannya mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Proses yang semakin melembaga niscaya akan meningkatkan kontribusi sivitas akademika UNIMUDA Sorong dalam pengembangan ilmu dan pemanfaatannya bagi kesejahteraan masyarakat.

By Operator Website Sabtu, 21 Desember 2019 | 22:07 pm