LP3M MENYELENGGARAKAN LOKAKARYA PENGUATAN ROADMAP PENELITIAN BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI 👁️️ 1272

By Operator Website Sabtu, 22 Agustus 2020 | 17:04 pm Berita

LP3M MENYELENGGARAKAN LOKAKARYA PENGUATAN ROADMAP PENELITIAN BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI

LP3M UNIMUDA. Dalam rangka menumbuhkan budaya riset dan menyelaraskan arah riset UNIMUDA Sorong, LP3M UNIMUDA Sorong mengadakan kegiatan Lokakarya Penguatan Road Map Penelitian Bidang Sains dan Teknologi pada tanggal 22 Agustus 2020.   Adanya Road Map Penelitian diharapkan mampu membantu mengarahkan tulisan-tulisan dosen agar dapat menjadi acuan dalam melakukan proses penelitian. Selain itu, terbentuknya Road Map Penelitian yang berisi strategi pencapaian dan tema penelitian unggulan institusi termasuk topik-topik riset yang harus diacu oleh dosen di dalam melakukan penelitian diharapkan mampu mempermudah dosen dalam melakukan kegiatan penelitian.

Narasumber dalam kegiatan ini Aung Sumbono, M.Si., dan dihadiri oleh Seluruh Dosen di Fakultas Sains dan Teknologi serta dosen yang ada di program studi pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi serta mahasiswa yang sedang melaksanakan penelitian dibidang sains.  Kegiatan Lokakarya ini dibuka langsung oleh Ketua LP3M Unimuda bapak Anang Triyoso.

Dalam sambutannya, ketua LP3M Unimuda sorong menyampaiakan bahwa pentingnya melakasanakan lokakarya penguatan Road Map Penelitian karena apabila dosen melaksanakan penelitian terutama riset unggulan perguruan tinggi maka wajib memperhatikan tema dan topik yang terdapat pada RIP (Rencana Induk Penelitian) Institusi dalam hal ini adalah Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, selain itu beliau juga mengiformasikan kepada seluruh dosen yang hadir bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi Ristek Brin akan mengumumkan penerimaan proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat pengusulan 2020 pendanaan 2021. Pada pengusulan tahun 2020 ini Unimuda Sorong masuk pada klaster penelitian Madya sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sedangkan pada bidang pengabdian kepada masyarakat masuk pada klaster Sangat Bagus. Sehingga diharapkan kepada bapak/ibu dosen agar dapat menyiapkan proposal sejak awal guna dalam memanfaatkan hibah tersebut.

Pak Aung Sumbono selaku Narasumber menyampaikan bahwa Arah Riset bidang sains dan teknologi, dalam penyampaiannya beliau memaparkan Road Map penelitian yang sudah dikembangkan sejak tahun 2012 sampai saat ini pada tahun 2020. Pada tahun 2016  beliau sudah melakukan riset tentang Daun Gatal, kemudian dikembangkan oleh Tim bersama prodi Pendidikan Biologi sampai mampu menembus CPPBT. Kemudian pada tahun 2018 sampai sekarang masih mendalami Riset tentang Sirih Hutan dan Daun Bungkus. Riset-riset yang saat ini dilaksanakan akan dikembangkan terus sampai menghasilkan produk dan akan di Patenkan.  Pada pelaksanaanya Riset yang dikembangkan di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong ini tentu selalu memperhatikan Road Map Penelitan UNIMUDA yaitu Mulai dari Identifikasi (potensi lokal), eksplorasi, R & D, Produk sampai menghasilkan Market.

Selain presentasi dari narasumber, pak Aung Sumbono juga menampilkan hasil Riset yang dihasilkan menggunakan skema penelitian payung dengan melibatkan mahasiswa. Terdapat sejumlah 6 orang mahasiswa dari program studi pendidikan biologi juga memaparkan hasil temuan mereka yang bisa mengarah ke Paten sederhana maupun Paten.

Kegiatan Lokakarya ini terasa sangat bermanfaat karena mampu memberikan insight pada dosen-dosen, khususnya dosen di Fakultas Sains dan Teknologi dan Dosen Pendidikan IPA serta Pendidikan Biologi. Pak Aung Sumbono, dengan gayanya yang penuh semangat, memberikan motivasi kepada dosen melalui cerita pengalaman beliau dalam melakukan penelitian. Beliau juga mengatakan “Penelitian itu adalah suatu kunci dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dan salah satu kunci untuk menaikan ranking perguruan tinggi.

Tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan hasil klasterisasi perguruan tinggi, dan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong berada pada klaster 4 dan meraihTerbaik 1 perguruan tinggi negeri dan swasta se Papua Barat.

By Operator Website Sabtu, 22 Agustus 2020 | 17:04 pm