LLDIKTI Wilayah XIV Memiliki Reviewer Penelitian Bersertifikat Nasional, Asal UNIMUDA Sorong 👁️️ 388

By Operator Website Kamis, 05 Desember 2019 | 07:21 am Kegiatan

LLDIKTI Wilayah XIV Memiliki Reviewer Penelitian Bersertifikat Nasional, Asal UNIMUDA Sorong

LP3M.UNIMUDASORONG.AC.ID. SORONG. Untuk pertama kalinya, dosen PTS di lingkup LLDIKTI Wilayah XIV Papua dan Papua Barat atas nama Dr. Herningsih, M.M. yang juga selaku dosen tetap UNIMUDA Sorong, lulus Sertifikasi Reviewer Penelitian Nasional yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Penguatan dan Pengembangan, Pusat Penelitian, dan Pelatihan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), LSP Quantum HRM Internasional dan UMY selaku host pelatihan yang diselenggarakan pada 25-29 November di Hotel Alana Surakarta, demikian disampaikan Anang Triyoso, selaku Kepala LP3M UNIMUDA Sorong.

Dijumpai di ruang kerjanya, Anang Triyoso menyampaikan bahwa kebutuhan reviewer penelitian nasional di tanah Papua sangatlah strategis sebagai bagian dari upaya pengembangan kompetensi dosen sekaligus kontribusi bagi kelembagaan perguruan tinggi. Reviewer penelitian berperan penting sejak mulai dari proses seleksi proposal sampai dengan menilai luaran hasil penelitian dosen. “Disamping itu juga mempertimbangkan pelimpahan wewenang pengelolaan penelitian dosen pemula dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) kepada LLDIKTI Wilayah XIV sejak tahun 2019”, tambahnya.

Lebih lanjut dikemukakannya bahwa peserta pada pelatihan dan sertifikasi reviewer penelitian ini diperuntukkan bagi dosen yang berasal dari perguruan tinggi yang memiliki peringkat atau klaster mandiri, utama, dan madya. UNIMUDA Sorong sebagaimana diketahui sejak tahun 2016 yang lalu telah memiliki klaster madya, merupakan hasil penilaian kinerja penelitian periode tahun 2013-2015.

Menurut Herningsih, selaku peserta kegiatan ini menyampaikan bahwasannya pelatihan menghadirkan narasumber pemateri nasional, termasuk dari Kemenristekdikti, BSN, Pusdiklat Kemenristekdikti dan para reviewer nasional dari PTN/PTS se – Indonesia. Materi pelatihan yang diberikan diantaranya : pengelolaan penelitian berbasis output, standar nasional penelitian, etika reviewer, penugasan reviewer, serta teknis penilaian proposal penelitian. Pelatihan dikelola dengan metode ceramah, diskusi, simulasi, praktek mereview proposal yang diakhiri dengan ujian sertifikasi reviewer sebagai penilaian kemampuan sebagai reviewer. “ Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang paradigma baru anggaran riset berbasis output, pemahaman tentang panduan pendanaan riset kemenristekdikti dan menghasilkan reviewer yang kompeten, jujur dan profesional dalam menilai kelayakan proposal dan luaran penelitian” ungkapnya.

Terakhir, Anang Triyoso menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesarnya kepada Kepala LLDIKTI Wilayah XIV yang telah memberikan perhatian dan dukungan bagi hadirnya Reviewer Penelitian Nasional Perguruan Tinggi yang ada di Papua dan Papua Barat. Bersama LLDIKTI Wilayah XIV turut meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian di tanah Papua.

By Operator Website Kamis, 05 Desember 2019 | 07:21 am