KKN 3T: Bersama UNIMUDA Sorong Menebar Jala Manfaat di Pulau Arar 👁️️ 198

By Operator Website Jumat, 17 Januari 2020 | 12:46 pm Berita

KKN 3T: Bersama UNIMUDA Sorong Menebar Jala Manfaat di Pulau Arar

LP3M.UNIMUDASORONG.AC.ID. SORONG. Kehadiran UNIMUDA Sorong lebih dari satu dekade ini di Pulau Arar, telah menebar jala manfaat dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat. UNIMUDA Sorong menyadari tentunya tidak bisa sendiri, dibutuhkan kolaborasi multipihak, maka perluasan jala manfaat dari berbagai pihak sangat dibutuhkan. Oleh nya itu, kehadiran mahasiswa KKN 3T di Pulau Arar disambut dengan hangat dan gembira. “Sepanjang perjalanan dari dermaga hingga balai kampung, rombongan Rektor UM Purwokerto dan mahasiswa KKN 3T disambut meriah dengan diiringi alunan musik suling tambur SMA UNIMUDA Sorong yang suaranya terdengar hingga seantero pulau” demikian disampaikan Hayudi, selaku Kepala Bidang Pengabdian LP3M UNIMUDA Sorong, yang turut mendampingi rombongan dan tiba di Pulau Arar jelang sore hari Kamis, 16 Januari 2020.

Hayudi menyampaikan bahwa perjalanan rombongan dari Kampus UNIMUDA Sorong ke Pulau Arar harus dilanjutkan dengan menggunakan Kapal Pendidikan SMP UNIMUDA Sorong yang merupakan kapal hibah dari LAZISMU. Lebih lanjut dikemukakannya bahwa ternyata banyak mahasiswa KKN 3T yang belum pernah naik kapal bertipe longboat tersebut dan disaat menyeberangi lautan terasa ombak dan angin yang cukup kencang, sehingga menaikkan adrenalin beberapa mahasiswa yang turut serta. Alhamdulillah setelah selama kurang lebih 10 menit perjalanan laut, akhirnya tiba di dermaga Pulau Arar. Setibanya di dermaga, rombongan sudah disambut Kepala Kampung Arar (wilayah administrasi Pulau Arar) beserta tokoh adat dan aparatur Kampung Arar dan bersama-sama menuju balai kampung.

Nurdin Rumaur, selaku Kepala Kampung Arar, dengan sukacita menyambut dan menerima kehadiran rombongan Rektor UM Purwokerto, Dr. Anjar Nugroho, M.Si., M.H.I. Dijelaskannya bahwa kehadiran mahasiswa KKN 3T sudah dianggap sebagai keluarga sendiri. Ditambahkannya lagi bahwa mahasiswa yang datang ke Kampung dalam kondisi baik dan tidak lecet atau luka sedikit pun, demikian juga saat selesai atau kembali juga dalam kondisi seperti sedia kala tidak kurang sedikit pun. Ini artinya bahwa sebagai Kepala kampung, saya akan menjaga mahasiswa KKN 3T sebaik-baiknya. Tidak sampai disitu diakhir sambutannya, kepala kampung sudah menyiapkan jamuan makanan khas Pulau Arar (menu ikan, kaboro, dan produk olahan rumput laut) dan hal ini langsung disambut wajah yang sumringah (ceria) oleh para mahasiswa KKN 3T, setelah melalui perjalanan jauh selama 6 hari dan karenanya mereka tidak perlu masak lagi di hari pertama berada di Pulau Arar.

Mewakili Rektor UNIMUDA Sorong, Anang Triyoso dalam sambutannya menjelaskan hal ihwal Pulau Arar, dimana UNIMUDA Sorong sejak satu dekade ini telah hadir di Pulau Arar ditandai adanya laboratorium sekolah yaitu SMP UNIMUDA Sorong dan SMA UNIMUDA Sorong yang ada berkat aspirasi masyarakat Pulau Arar akan kebutuhan sekolah, mengingat hanya ada satu sekolah yaitu SD. Pada kesempatan ini pula, disampaikan adanya program unggulan kampung yaitu budidaya rumput laut yang siap diolah menjadi produk siap saji dan UNIMUDA Sorong menjadi inkubator program tersebut atas dukungan Kementerian Desa dan PEMDA Kabupaten Sorong. Diakhir sambutannya, Anang Triyoso mengapresiasi atas capaian Kampung Arar di tingkat provinsi, dimana meraih peringkat terbaik dalam Pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD) tingkat Provinsi Papua Barat tahun 2019.

By Operator Website Jumat, 17 Januari 2020 | 12:46 pm